Apa yang Membuat Pengunjung Nyaman Saat Membuka Blog Anda?

Anda membuat blog untuk apa dan untuk siapa? Jika blog dibuat hanya untuk Anda sendiri, silahkan Anda bisa membuat desain dan tulisan seperti yang Anda mau. Namun jika Anda memprioritaskan orang lain dalam hal ini adalah visitor, maka sebaiknya patuhi beberapa aturan mengenai tingkat kenyamanan blog di kunjungi visitor.

Membuat blog yang nyaman untuk dikunjungi sebenarnya tidak sulit, justru tindakan yang merepotkan seperti perancangan desain bermacam-macam adalah yang menyulitkan Anda sendiri tetapi tidak mesti disukai oleh pengunjung. Cara untuk mengetahui apakah pengunjung nyaman atau tidaknya bisa Anda cek pada tingkat bounce rate.

Visitor banyak namun bounce rate rendah, artinya blog Anda (mungkin) sudah cukup bagus dan nyaman dikunjungi. Namun bila visitor banyak dan bounce rate tinggi (mungkin) pengunjung merasa sudah tidak nyaman.

Nah, sebenarnya apa yang membuat pengunjung merasa nyaman ketika membuka situs blog Anda? Berikut kami ulas selengkapnya dibawah ini:

1. Tidak terlalu lama menunggu


Sudah terlalu lama menunggu, pada akhirnya dikecewakan. Kami rasa tidak berlebihan bahwa menunggu loading yang terlalu lama akhirnya membuat pengunjung kecewa padahal akses internetnya sedang dalam keadaan normal. Jadi untuk sebuah blog yang bisa cepat diakses atau cepat pemuatannya membuat pengunjung merasa nyaman.

2. Pengunjung tidak perlu mematikan lagu

Lagu muncul dari mana? Padahal kita tidak sedang memainkan Winamp atau aplikasi pemutar musik. Ternyata muncul dari blogger yang memasang lagu dan secara otomatis terputar ketika loading selesai. Ternyata fitur ini dikira membuat blog semakin bagus, kenyataannya kebalikannya. Banyak pengunjung yang tidak menyukai lagu-lagu otomatis pada blog.

3. Tulisan mudah dibaca

Yang paling dicari orang ketika membuka blog tentu adalah tulisan artikel yang terposting. Nah, pastikan Anda sudah memberikan kenyamanan bagi para visitor untuk membaca tulisan-tulisan Anda. Bagaimana jika pengunjung sudah merasa tulisan sulit dibaca, mungkin karena penggunaan font yang aneh, atau font dengan warna yang kurang pas seperti biru, merah atau kuning.

Tentu membuat pusing mata melihatnya. Dengan font standar berwarna hitam, sangat membuat visitor nyaman membaca dan memungkinkan mereka untuk mengklik judul lain pada blog Anda.

4. Ukuran font sesuai

Jangan sepelekan soal ukuran font karena terlalu kecil akan sulit terbaca, dan jika terlalu besar tentu juga sulit. Penggunaan ukuran font yang ideal membuat visitor lebih nyaman membaca. Apalagi tidak semua orang memiliki penglihatan yang sempurna, Anda harus peduli terhadap para pengunjung yang mungkin bermasalah dalam penglihatan seperti mata minus dan plus.

5. Pengunjung tidak melihat background rumit


Backgroudn pada blog yang dibuat dengan variasi macam-macam sama sekali tidak membuat nyaman. Pengunjung kebanyakan akan lebih nyaman ketika membuka blog dengan background polos, putih, atau hitam sekalian. Background bergambar terkesan membuat blog berantakan, apalagi jika menggunakan animasi yang bergerak tambah membuat pusing melihatnya. Dalam masalah desain semacam ini tentu Anda tidak perlu macam-macam.

6. Tulisan berbeda

Ketika membuka sebuah blog dan suatu hari membuka blog lain kemudian Anda mendapati sebuah tulisan artikel yang sama. Sepertinya menjadi suatu yang kurang mengenakan. Entah blog mana yang mencopas, tetapi sebuah konten yang tidak kreatif alias plagiat memang sama sekali tidak bermutu. Blog tersebut bakal dicap sebagai blog yang kurang bermutu dalam hal penyajian informasi.

7. Mudah explore blog


Menjelajah blog dengan mudah menjadi salah satu hal yang membuat visitor semakin nyaman berada pada blog Anda. Mungkin salah satu caranya adalah dengan menempatkan related post link dan juga menyediakan kategori dan daftar konten lain dengan lebih tertata. Hal ini sangat memudahkan dan mampu secara efektif menekan peningkatan bouce rate pada blog Anda.  Jangan malas untuk terus menghadirkan keramahan bagi pengunjung blog.

8. Pengunjung tidak mengklik close pop up

Sekalinya masuk ke blog Anda, kemudian visitor harus bolak-balik mengklik close pop up yang muncul. Atau bahkan dengan dipaksa harus memunculkan tab baru karena ada redirect. Sesuatu yang sangat mengganggu. Jadi blog yang aman dari pop up atau redirect adalah blog yang nyaman dikunjungi.
Title : Apa yang Membuat Pengunjung Nyaman Saat Membuka Blog Anda?
Description : Anda membuat blog untuk apa dan untuk siapa? Jika blog dibuat hanya untuk Anda sendiri, silahkan Anda bisa membuat desain dan tulisan sepe...